Membangun Kemampuan Komunikasi Generasi Muda: Pendidikan Informal di Kampus Diakoneia Modern (KDM)

About Us

Ipmi Repository is an online archive service which is managed by IPMI Library - Learning Resource Center. Established for collecting, managing, saving, preserving and disseminating digital copies of intellectual output of IPMI International Business School such as academic journal, books, theses, Group Field Project, Community Involvement Project, Case Study, conference paper, and other types of research publication. The main objective of this repository is to provide long-term, public, open access and easily retrieve to the digital collection to support teaching-learning process.

"Knowledge without observation is nil"

Putritami, Tania Lasmaya and Bhinekawati, Risa (2020) Membangun Kemampuan Komunikasi Generasi Muda: Pendidikan Informal di Kampus Diakoneia Modern (KDM). Jurnal karya untuk masyarakat, 1 (2). pp. 100-118. ISSN 2720-9423

[img] Text
JKuM Risa Bhinekawati - Tania(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri adalah produk dari proses peralihan aspek internal yaitu self-worth. Berdasarkan pemahaman ini, dibuatlah suatu proyek yang berfokus pada menyediakan materi untuk para peserta proyek mengenai cara untuk mengelola dan meningkatkan nilai diri dengan kemampuan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini diharapkan dapat digunakan oleh para peserta dari proyek untuk menghadapi tantangan dalam kehidupannya masing-masing. Untuk mewujudkan proyek tersebut, representatif dari Sekolah Tinggi Manajemen IPMI melakukan kemitraan dengan Kampus Diakoneia Modern (KDM). KDM bertindak sebagai klien dan penyedia tempat pelaksanaan proyek, sementara pihak IPMI berperan sebagai tenaga sukarela dan pelaksana proyek. Para peserta dari proyek merupakan beberapa anak dalam asuhan KDM. Berdasarkan beberapa diskusi di awal pertemuan antara pihak KDM dan IPMI, ditemukan beberapa kendala mengenai self-esteem dan kepercayaan diri pada anak-anak asuhan KDM. Maka dari itu, materi yang dipersiapkan untuk proyek ini dirasa sangat cocok dengan kendala maupun kebutuhan KDM saat itu, sehingga kedua pihak pun setuju untuk bekerja sama. Proyek ini dibuat dalam bentuk kelas komunikasi efektif yang berlangsung selama delapan minggu, dimana terdapat satu pertemuan disetiap minggunya. Selama pelaksanaan proyek, dilakukan pula pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dapat menunjukkan gambaran proses dan hasil dari proyek ini. Proses pengumpulan data utama diperoleh melalui observasi dan diskusi, setiap kemajuan yang teridentifikasi atau saran-saran yang diberikan oleh peserta proyek selalu didokumentasikan dalam catatan mengajar. Setelah pelaksanaannya, terdapat beberapa temuan seperti para peserta proyek memiliki self-worth yang baik. Hal ini terefleksikan dari optimisme mereka terhadap angan dan cita-cita yang sangat tinggi. Hasil ini dipercayai oleh pelaksana proyek sebagai pengaruh dari kepedulian dan dukungan yang KDM diberikan kepada anak-anak asuhannya. Tujuan proyek tersebut untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari anak-anak yang pada akhirnya mempengaruhi kepercayaan diri mereka pun tercapai, peserta proyek dapat mengakui kemajuan diri mereka seiring proyek dilaksanakan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Research And Community Empowerment > Journals
Depositing User: Mrs. Risa Bhinekawati
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:19
Last Modified: 21 Dec 2021 07:20
URI: http://repository.ipmi.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item