Peningkatan Pendapatan Kelompok Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Commerce dan Akuntansi di Pulau Kelapa Dua

About Us

Ipmi Repository is an online archive service which is managed by IPMI Library - Learning Resource Center. Established for collecting, managing, saving, preserving and disseminating digital copies of intellectual output of IPMI International Business School such as academic journal, books, theses, Group Field Project, Community Involvement Project, Case Study, conference paper, and other types of research publication. The main objective of this repository is to provide long-term, public, open access and easily retrieve to the digital collection to support teaching-learning process.

"Knowledge without observation is nil"

Indrajaya, Amelia Naim and Daryanto, Wiwiek Mardawiyah (2019) Peningkatan Pendapatan Kelompok Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Commerce dan Akuntansi di Pulau Kelapa Dua. Project Report. Sekolah Tinggi Manajemen IPMI. (Submitted)

[img] Text
Laporan Abdimas LENGKAP (ANI-WMD) - ECommerce Kelapa Dua.pdf - Submitted Version

Download (555kB)

Abstract

Pulau Kelapa Dua merupakan pulau pemukiman terkecil di wilayah Kepulauan Seribu. Agak sedikit berbeda dengan pulau-pulau pemukiman lainnya, di pulau ini masih dapat kita jumpai rumah-rumah panggung khas masyarakat pesisir yang terbuat dari kayu. Penduduk Pulau Kelapa Dua ini berasal dari Bugis yang memang merupakan pelaut pelaut ulung sehingga terdampar di Pulau Kelapa Dua hingga beberapa generasi saat ini. Hampir 98 % warga Pulau Kelapa Dua merupakan nelayan ikan dan cumi-cumi terutama para Bapak-Bapak, sedangkan Ibu-Ibunya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga yang merangkap sebagai Anggota Kelompok Usaha Bersama / KUBE. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat Pulau Kelapa Dua, terutama dalam meningkatkan kegiatan usaha mikro produsen makanan berbahan baku lokal di pulau kelapa dua. Meskipun Pulau Kelapa Dua telah terekspos melalui paket tur, para pengunjung nyaris tidak melakukan apa-apa selama kunjungan mereka ke pulau ini. Meningkatkan nilai ekonomi Pulau Kelapa Dua yang pada dasarnya meningkatkan kesejahteraan penduduk pulau merupakan salah satu masalah utama yang menjadi tujuan kami untuk membantu melalui perjalanan rencana pemasaran digital ini dimulai dari membuat akun Pulau Kelapa Dua di Facebook dan Instagram, menciptakan daya tarik di dunia digital melalui media sosial, dan akhirnya meng-komersialisasi pulau ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Research And Community Empowerment > Community Emporwerment Reports
Depositing User: Rizky Amalia
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:34
Last Modified: 03 Feb 2020 07:39
URI: http://repository.ipmi.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item