Strategi pemasaran ban kendaraan penumpang PT. Bridgestone tire Indonesia

About Us

Ipmi Repository is an online archive service which is managed by IPMI Library - Learning Resource Center. Established for collecting, managing, saving, preserving and disseminating digital copies of intellectual output of IPMI International Business School such as academic journal, books, theses, Group Field Project, Community Involvement Project, Case Study, conference paper, and other types of research publication. The main objective of this repository is to provide long-term, public, open access and easily retrieve to the digital collection to support teaching-learning process.

"Knowledge without observation is nil"

Nasution, Sukarlap and Kurniawan, Banu and Winarsono, Didik (1999) Strategi pemasaran ban kendaraan penumpang PT. Bridgestone tire Indonesia. Graduate thesis, IPMI Business School.

[img] Text
190_Strategi Pemasaran Ban Kendaraan Penumpang PT. Bridgestone Tire Indonesia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Memburuknya situasi ekonomi dan politik dalam dua tahun terakhir ini, telah menurunkan daya beli masyarakat. Kondisi ini diperburuk dnegan terjadinya krisis perbankan dan lembaga pembiayaan keuangan lainnya, sehingga kredit untuk pemilikan mobil menghilang, dan pada akhirnya mempengaruhi industri perakitan mobil, yang merupakan pasar penentu bagi produsen ban mobil. Penurunan daya beli masyarakat juga menyebabkan konsumen/pengguna ban mobil menunda penggantian ban mobil atau mencari alternatif ban mobil yang lebih murah, sehingga mengakibatkan penurunan produksi dan penjualan ban mobil yang cukup signifikan bagi semua produsen ban mobil di indonesia. Sebagai salah satu produsen utama ban mobil untuk kendaraan roda empat, PT. Bridgestone tire Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa harga ban mobil produksinya adalah harga ban mobil yang tertinggi di antara semua produsen ban mobil di pasar domestik, meskipun hal itu disebabkan oleh kualitas produk yang prima. PT. Bridgestone tire Indonesia memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut diatas. Analisis lingkungan makro dan mikro, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis SWOT, digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran ban mobil, dengan fokus kepada ban kendaraan penumpang, yang dibutuhkan oleh PT. Bridgestone tire Indonesia untuk kembali meningkatkan permintaan terhadap produk-produknya. Strategi pemasaran yang disarankan adalah penetrasi pasar domestik, dengan ban-ban mobil berkualitas prima untuk pasar sasaran OEM, dan ban-ban mobil berkualitas tinggi untuk pasar replacement. Pasar ekspor, yang persentasenya membesar karena penurunan pasar domestik, harus ditunjang dengan ban-ban mobil berstandar internasional, terutama untuk negara-negara tujuan amerika serikat dan eropa.

Item Type: Thesis (Graduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Library > GFP (Group Field Project)
Depositing User: Dede Faujiah
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:05
Last Modified: 05 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.ipmi.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item